Kopi Gayo Organik http://kopigayo.net Fri, 15 Jan 2016 08:40:29 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.4.10 Indonesia akan Promosikan Kopi Gayo ke Swedia dan Latvia http://kopigayo.net/2016/01/15/indonesia-akan-promosikan-kopi-gayo-ke-swedia-dan-latvia/ Fri, 15 Jan 2016 08:40:29 +0000 http://kopigayo.net/?p=1111 kopi-swedia

Duta besar Indonesia baru untuk Swedia dan Latvia Bagas Hapsoro mengatakan, akan mempromosikan kopi Gayo ke negara tempat bekerjanya. Dia yakin, kopi Aceh akan disukai di dua negara di Eropa Utara tersebut.

“Langkah konkret yang akan kita upayakan adalah mempromosikan kopi dan budaya seperti Tari Saman. Yang jelas untuk tiga bulan ke depan akan ada yang dilakukan,” kata Bagas ketika melakukan pertemuan dengan Gubernur Aceh Zaini Abdullah di Banda Aceh, seperti diberitaka Kontan, Kamis (7/1).

Ia berjanji, berupaya agar ekspor kopi Arabika asal Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah itu akan meningkat, setelah terbukanya pasar baru di Swedia dan Latvia.

Harapan yang sama juga keluar dari Aceh. “Kami berharap dengan hadirnya Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Swedia dan Latvia, kopi Arabika asal Aceh dapat diekspor ke negara tersebut,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, Arifin Hamid.

Ia mengatakan, dengan bertambahnya jumlah negara tujuan ekspor, kesejahteraan petani kopi di provinsi ujung paling barat Indonesia itu bisa ditingkatkan.

Arifin menjelaskan kopi arabika asal daerah Dataran Tinggi Gayo Provinsi Aceh memiliki cita rasa khas dan kini banyak diminati oleh pasar luar negeri yang masyarakatnya pecandu kopi.

Tujuan ekspor kopi Aceh pada tahun 2015 yakni Korea Selatan, Taiwan, Hongkong, Tiongkok dan Jepang (Asia Timur), India (Asia Selatan), Malaysia dan Singapura (Asean).

Selanjutnya, kopi Aceh juga diekspor ke Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko (Amerika), Australia, Selandia Baru, Italia (Australia dan Oceania), Inggris, Jerman, Irlandia, Belgia dan Rusia (Eropa).

Ia juga berharap agar para petani dapat terus meningkatkan produksi kopi dan menjaga kualitas hasilnya serta menjadikan sektor tersebut sebagai pendapatan utama bukan sampingan.

]]>
Customer Testimony: John Cheng Tze Wee http://kopigayo.net/2016/01/15/customer-testimony-john-cheng-tze-wee/ Fri, 15 Jan 2016 03:27:29 +0000 http://kopigayo.net/?p=1106 customer terstimony (2)

We would like to thanks to Mr. John Cheng Tze Wee for giving testimony on his Facebook about our coffee.

“Today I tasted one of the most interesting coffee, called the bintang coffee.. Good after taste and it has a beer taste. Imagine tasting beer together with the enjoyment of coffee at the same time.

Great to catch up with a long time Friend Awi after more than 10years in Indonesia. Such a successful man now. Visited his shop and a happy customer of his coffee at Kopisidikalang.com

It’s a small small world, while catching up with Awi, I met more friends who happens to be Awi’s cousins at the same place.”

customer terstimony (3)

]]>
Tradisi Kopi di Negara Kelahirannya, Ethiopia http://kopigayo.net/2016/01/15/tradisi-kopi-di-negara-kelahirannya-ethiopia/ Fri, 15 Jan 2016 03:15:12 +0000 http://kopigayo.net/?p=1103 kopi-ethiopia

Ethiopia adalah peminum kopi dengan riwayat minum dan penikmat kopi sejak lebih dari 1.000 tahun.

Ethiopia secara luas dianggap sebagai tempat kelahiran kopi. Sejak lama kopi menjadi minuman yang sangat populer di negeri ini dan Ethiopia juga sudah menjadi salah satu negara dengan konsumsi paling banyak di dunia.

Suatu sore di dataran tinggi Ethiopia pada 12 abad yang lalu, seorang pengembala bernama Kaldi menemukan kambingnya yang nampak bersemangat setelah mengunyah buah merah misterius di dataran tinggi tersebut.

Penasaran dengan reaksi yang cukup aneh, Kaldi mengambil buah tersebut dan membawanya ke biara setempat , dimana para biarawati segera melemparkan buah tersebut ke dalam api. Sebagai buah yang di panggang oleh panas, sebuah aroma harum menyerbak dan sejak saat itu mereka membuat kopi pertama mereka.

Seiring berjalannya sejarah tentang kopi, hal yang lebih pasti adalah bahwa Ethiopia secara luas dianggap sebagai tempat kelahiran kopi . Negara ini merupakan produsen terbesar Afrika dan menempati peringkat kelima secara global. Tahun lalu, Afrika mengekspor sekitar 190.000 ton biji kopi dengan memiliki penghasilan sekitar $700 juta dan pada tahun 2016 ini Ibukota Ethiopia Addis Ababa akan menjadi tuan rumah dalam acara World Coffee Conference 4, sebuah pertemuan tingkat tinggi para ahli kopi di dunia.

Tidak hanya sekedar eksportir kopi, masyarakat Ethiopia juga merupakan pecinta kopi yang besar. Kafe memadati pinggiran ibukota Addis Ababa, dan dalam tahun 2013/14 sekitar 3,6 juta kantong kopi dikonsumsi di dalam negeri yang mewakili 71,6% dari total konsumsi domestik dari Afrika dan 8% dari semua negara-negara pengekspor.

TO.MO.CA , dengan memiliki enam cabang di Ibukota Ethiopia adalah salah satu merek kafe yang paling terkenal di Ethiopia. Kafe ini sudah dimiliki oleh tiga generasi keluarga yang sama lebih dari 60 tahun, dan saat ini perusahaan TO.MO.CA sudah membuka pos internasional pertamanya di Tokyo, Jepang.

“Ethiopia adalah peminum kopi dengan riwayat minum dan penikmat kopi sejak lebih dari 1.000 tahun,” kata Wondwossen Meshesha, cucu dari pendiri TO.MO.CA yang saat ini merupakan kepala operasi perusahaan ini.

Meshesha mengatakan bahwa hanya 20% dari kopi negara ini yang ditanam secara komersial, dan sisanya berasa dari petani kecil yang menanam kopinya di hutan. “Keistimewaan dari kopi Ethiopia ini adalah kopi yang berasal dari penekanan konsistensi dalam produksi kualitas kopi daripadan volume produksi kopi,”kata Meshesha.

Jauh dari konsumsi kopi lokal yang melimpah, pemerintah berusaha untuk mempromosikan kopi Ethiopia sebagai produk premium di luar negeri, meningkatkan ekspor dari 190.837 metrik ton di tahun 2013/14 dan menghasilkan pendapatan sebesar $1 Miliar.

“Kami memiliki 5.000 varietas kopi di Ethiopia,” kata Mesehesa. ” Dan ini memiliki potensi yang sangat besar.” (Sumber: National Geographic Indonesia)

]]>
Ini Deretan Kopi Termahal di Dunia http://kopigayo.net/2016/01/12/ini-deretan-kopi-termahal-di-dunia/ Tue, 12 Jan 2016 04:59:39 +0000 http://kopigayo.net/?p=1099 kopi luwak-sidikalang1

Semahal-mahalnya kopi dari berbagai negara penghasil kopi di dunia, kopi dari Indonesia masih yang paling mahal sejauh ini. Berikut 7 kopi termahal di dunia yang wajib para penikmat kopi ketahui, mari kita simak satu per satu, seperti dilansir dari laman therichest.com, baru-baru ini.

1. Los Planes (Citala, El Salvador) – Rp 555.000 per 500 gram

Jenis kopi ini tumbuh dan dibudidayakan di daerah Citala, El Salvador. Selain memiliki kualitas yang bagus, biji kopi ini juga memiliki aroma dan rasa yang enak.

Los Planes sendiri merupakan nama sebuah perkebunan milik José Onofre Ticas yang kemudian memiliki cucu bernama Sergio Yeyes Ticas yang mengembangkan biji kopi jenis Bourbon dan Pacamara.

Perkebunan ini terletak di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut dan ditanam di seperempat bagian dari luas total 170 hektare (ha). Untuk rasa, Los Planes sarat dengan rasa buah yang kuat, meliputi kacang-kacangan, kismis, plum, dan melon.

2. Blue Mountain (Wallenford Estate, Jamaika) – Rp 680.000 per 500 gram

Kopi ini dinamakan Blue Mountain karena kopi ini tumbuh di daerah Blue Mountains, Jamaika. Kopi yang dibandrol dengan harga US$ 49 per setengah kilogram atau sekitar Rp 680.000 ini memiliki keunikan tersendiri di rasanya yang pahit namun ringan.

Selama satu dekade terakhir, kopi ini merupakan salah satu jenis yang paling digemari dan dicari oleh banyak orang. Sekitar 80 persen produk kopi ini diekspor ke Jepang.

3. Fazenda Santa Ines (Minas Gerais, Brazil) – Rp 694.000 per 500 gram

Produk kopi asal Minas Gerais, Brasil ini menjadi salah satu kopi termahal di dunia karena rasanya yang enak dan manis bagaikan karamel.

Selain itu kopi ini juga sangat spesial karena masih di budidayakan dengan cara tradisional. Kopi ini dibandrol dengan harga US$ 50 atau setara dengan Rp 694.000 per 500 gram.

4. El Injerto (Huehuetenango, Guatemala) – Rp 708.000 per 500 gram

Kopi ini berasal dari Huehuetenango, Guatemala. Pada tahun 2006, kopi yang diproduksi oleh El Injerto ini mampu membawa pulang piala dari Excellence.

Berkat hal tersebut, harga kopi ini mampu melonjak tajam dengan harga US$ 51 atau setara dengan Rp 708.000 per gram.

5. St. Helena Coffee Company Island (St. Helena) – Rp 1,09 juta per 500 gram

Pulau St. Helena yang terletak sekitar 1.200 kilometer (km) dari pantai Afrika merupakan tempat budidaya kopi St. Helena.

Popularitas kopi ini naik berkat biji kopi ini pertama kali ditemukan oleh Napoleon Bonaparte ketika mengunjungi Pulau St. Helena. Kopi ini dijual dengan harga US$ 79 atau Rp 1,09 juta per 500 gram.

6. Hacienda La Esmeralda (Boquete, Panama) – Rp 1,4 juta per 500 gram

Kopi ini hanya tumbuh di daerah Boquete, Panama. Orang-orang di seluruh dunia menyukai kopi ini karena rasanya yang unik. Dibudidayakan di bawah nuansa pohon jambu tua membuat kopi ini memiliki rasa dan kualitas yang bagus.

7. Kopi Luwak (Indonesia)- Rp 2,08 juta per 500 gram

kopi luwak asal Indonesia menempatkan posisi pertama dari daftar kopi termahal di dunia. Biji kopi luwak didapatkan dari kotoran hewan luwak yang suka memakan biji kopi.

Dibanderol dengan harga US$ 150 atau Rp 2,08 juta per 500 gram, kopi ini memiliki rasa yang enak, unik dan aroma yang harum. Tidak hanya di Indonesia, di Amerika Serikat juga ada kedai yang menyediakan kopi luwak. (lp)

]]>
King Jantan Tiba di Hongkong http://kopigayo.net/2016/01/05/king-jantan-tiba-di-hongkong/ Tue, 05 Jan 2016 04:48:42 +0000 http://kopigayo.net/?p=1096 king jantan

Salah satu produk andalan kami King Jantan Mandheling telah tiba di Hongkong. Kami ucapkan terimakasih kepada pelanggan kami yang ada di sana. Kami sangat bangga kopi Indonesia tercium keharuman dan kenikmatan cita rasanya menyebar hingga luar negeri. Bagi Anda yang ingin order kopi ini, silakan hubungi kami melalui alamat kontak yang tersedia.

]]>
Hasil Riset, Kopi Bermanfaat Cegah Kanker Usus http://kopigayo.net/2016/01/05/hasil-riset-kopi-bermanfaat-cegah-kanker-usus/ Tue, 05 Jan 2016 04:36:46 +0000 http://kopigayo.net/?p=1093 coffee-riset

Kopi bisa memberi manfaat untuk menghindar risiko kanker usus besar. Hal semacam ini terungkap melalui riset terbaru yang dikerjakan Dana Farber Cancer Institute di Boston, AS. Faedah kopi itu tak lepas dari peran cafein sebagai zat dominan di dalamnya. Kopi memberi pengaruh pada sel kanker yang ada di usus besar.

“Kandungan cafein yang ada pada kopi dapat memangkas peradangan sebagai cikal akan dari tumbuhnya sel kanker di usus, ” demikian hasil riset itu, seperti diberitakan Dailymail.co.uk.

Angka penurunan risiko kanker usus besar itu lumayan besar. Dengan konsumsi cafein sebanyak 460 miligram setiap hari, jadi resiko kanker usus besar terpangkas sampai 42 %. Hasil itu menambah panjang daftar faedah kopi dalam turunkan resiko penyakit kanker. Penelitian sebelumnya juga temukan bahwa konsumsi kopi secara rutin bisa menghindarkan dari kanker payudara setelah menopause, kanker liver, sampai kanker prostat.

Di lain segi, minum kopi sebaiknya juga dilakukan lewat cara sehat. Menambahkan kopi dengan gula sampai manis, atau memberikan cream untuk meredam rasa pahit kopi, malah kurang sehat. Kopi tanpa ada gula dapat bermanfaat mencegah diabetes dengan tingkatkan sensitivitas insulin. Tetapi dengan penambahan gula jadi bisa memicu diabetes.

Selain itu, cermati juga kemampuan badan dalam menoleransi kopi. Ada orang yang minum 1/2 gelas kopi saja telah menimbulkan tubuh lemas. Namun, ada pula yang kuat minum kopi sampai dua gelas per hari. Tetapi sebaiknya terus batasi minum kopi optimal sekira 2-3 gelas per hari.

Tentu saja hasil riset itu menambah daftar panjang manfaat kopi untuk kesehatan badan. Suatu riset terbaru bahkan juga tunjukkan bahwa rajin minum kopi dapat juga melindungi badan Anda dari timbulnya beberapa jenis kanker seperti kanker payudara pasca menopause, kanker kulit, kanker hati, serta kanker prostat. Diluar itu minum kopi juga dapat turunkan risiko Anda untuk terkena penyakit diabetes karena cafein bakal meningkatkan sensitivitas badan pada insulin hingga pada gilirannya dapat membantu kurangi peradangan sebagai penyebab diabetes.

]]>
Happy Customer From Washington and Peru http://kopigayo.net/2015/12/21/happy-customer-from-washington-and-peru/ Mon, 21 Dec 2015 10:22:10 +0000 http://kopigayo.net/?p=1088 happy customer - peru - as

UD. Segar Harum kembali kedatangan pengunjung dari luar negeri yang ingin menikmati kekhasan kopi Sumatra. Pengunjung kami kali ini berasal dari negara Peru dan Amerika Serikat, tepatnya dari Washington DC.

Terimakasih atas kedatangannya ke UD. Segara Harum. Bagi Anda yang ingin membeli kopi Indonesia dari berbagai daerah, seperti dari Gayo, kopi Sidikalang, kopi Mandailing, Lintong, Bajawa, Papua, dll, silakan datang ke toko kami.

Selamat menikmati kopi telah dibeli dari kami…

]]>
Ini Dia 7 Kopi Terbaik Indonesia http://kopigayo.net/2015/12/21/ini-dia-7-kopi-terbaik-indonesia/ Mon, 21 Dec 2015 08:27:42 +0000 http://kopigayo.net/?p=1084 kopi indonesia

Indonesia beruntung karena dikaruniai tanah yang subur, khususnya untuk tanaman kopi. Di pasar dunia, kopi Indonesia dikenal memiliki kualitas tinggi dari segi rasa dan aromanya. Inilah beberapa kopi Indonesia yang keharumannya sudah merebak hingga penjuru dunia.

Kopi Lampung
Lampung dikenal sebagai salah satu penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia. Sebagian besar perkebunan kopi Lampung berada di dataran tinggi dan terpusat di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Barat, dan Tanggamus. Aroma dan cita rasanya yang khas membuat kopi Lampung diminati konsumen di dalam maupun luar negeri.

Kopi Gayo
Kopi Gayo merupakan salah satu komoditi unggulan Dataran Tinggi Gayo. Perkebunan Kopi telah dikembangkan sejak tahun 1908, dan tumbuh subur di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah. Kopi jenis Arabika dengan rasanya yang khas mendominasi produksi kopi Gayo. Kopi Gayo asli dicirikan dengan aroma kopi yang harum dan rasa gurih dan tidak pahit.

Kopi Mandailing
Kopi ini dihasilkan di daerah Mandailing yang berada di Pegunungan Bukit Barisan. Dicirikan dengan kekentalan yang bagus, tak terlalu asam bahkan cenderung manis. Dengan teknik pengolahan tertentu maka akan menghasilkan kopi dengan cita rasa floral di ujungnya.

Kopi Wamena, Papua
Kopi Arabika asal Wamena, Papua kini makin dilirik pencinta kopi. Kopi ini dihasilkan dari kebun-kebun kopi yang digarap secara organik di lembah Baliem. Kopi wamena ini dicirikan dengan kadar asam yang rendah serta aroma yang kuat lagi khas.

Kopi Kintamani, Bali
Kopi Kintamani adalah kopi Arabika yang ditanam di dataran tinggi Kitamani yang berada di ketinggian 900 meter di atar permukaan laut. Teknik penanaman dan pengolahan yang dilakukan petani setempat menghasilkan kopi yang khas. Kopi Kintamani disebut memiliki tingkat keasaman dan kekentalan sedang, dengan aromabuah jeruk.

Kopi Toraja
Kopi Toraja merupakan salah satu kopi terbaik dan termahal di dunia. Sekilo kopi Toraja harganya bisa ratusan ribu rupiah. Kopi yang dihasilkan dari Tana Toraja ini memiliki kadar kekentalannya lumayan tinggi dengan sensasi rasa kopi yang kuat sedikit kecut.

Kopi Flores
Kopi Arabika yang dihasilkan petani di Bajawa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur ini sejak lama diminati penggemar kopi dunia. Bajawa adalah sebuah kota kecil di dataran tinggi Flores yang memiliki tanah subur akibat erupsi gunung Inerie, Gunung Inelika, dan Gunung Ebulobo. Tanah subur ini mungkin menjadi salah satu penyebab rasa khas kopi Bajawa apakah itu nutty, cherry, floral, atau citrus.

Semua jenis kopi unggulan Indonesia itu dapat Anda peroleh di toko kopi UD. Segar Harum. Silakan lihat alamat kontak kami untuk pemesanan kopi-kopi tersebut. Mari mencintai kopi Indonesia.

]]>
Batas Aman Minum Kopi Bagi Wanita Hamil http://kopigayo.net/2015/12/14/batas-aman-minum-kopi-bagi-wanita-hamil/ Mon, 14 Dec 2015 09:30:38 +0000 http://kopigayo.net/?p=1077 kopi dan kehamilan

Ternyata wanita hamil dapat meminum kopi, asalkan ada batasnya. Namun, sejauh mana batas aman bagi wanita hamil untuk meminum kopi?

“Secara keseluruhan, hasil penelitian kami menyebutkan kopi tidak akan membahayakan ibu hamil. Satu atau dua cangkir kopi per hari masih jauh lebih aman,” kata Sarah Keim, asisten profesor pediatri dan epidemiologi di The Ohio State University College of Medicine dan rekan penelitian, seperti dikutip dari Fox News.

Kini, wanita hamil juga tidak perlu khawatir kopi dapat mempengaruhi kesehatan anak mereka nantinya, seperti yang selama ini dikatakan. Sebab, sebuah penelitian menemukan anak-anak yang lahir dari ibu yang mengkonsumsi kafein selama hamil tidak memiliki perilaku lebih buruk dari mereka yang lahir dari seorang ibu yang tidak mengkonsumsi kopi.

Tidak ada bukti jika Anda konsumsi kafein selama kehamilan memiliki efek negatif pada kognisi atau perilaku anak-anak pada usia 4 atau 7 tahun. Para peneliti telah menuliskan hasil penelitiannya ini ke dalam American Journal of Epidemiology. Para peneliti menganalisis jumlah senyawa yang disebut paraxanthine dalam sampel darah dari 2.197 wanita hamil di dua titik selama kehamilan mereka.

Sampel dikumpulkan sebagai bagian dari Collaborative Perinatal Project, sebuah penelitian yang telah berjalan selama 25 tahun, dimana berkonsentrasi pada mengeksplorasi hubungan antara kehamilan dan faktor perinatal dan kesehatan anak-anak.

Para peneliti membandingkan tingkat paraxanthine dengan pola perilaku anak-anak ketika mereka berusia 4 dan 7 tahun. Sampel dikumpulkan antara 1959 dan 1974, periode ketika minum kopi selama kehamilan lebih umum.

Para peneliti mencatat, penelitian memberikan ruang lebih luas pada peneliti tentang asupan tingkat kopi daripada jika penelitian hanya dilakukan sebelumnya. Ini bukan penelitian pertama yang menunjukkan jika seseorang meminum kopi dalam jumlah sedang tidak akan berdampak buruk pada bayi mereka nantinya.

Penelitian tahun 2012, menemukan hal yang tidak jauh berbeda. Tidak ditemukannya hubungan antara kebiasaan mengkonsumsi kopi si ibu dan banyaknya bayi terbangun di malam hari.

Selain itu, American College of Obstetricians dan Gynecologists telah menyatakan ibu hamil dapat mengkonsumsi kopi kurang dari 200 miligram per hari. Jika lebih dari kadar yang ditentukan, bisa saja efek yang diterima berbeda. Sebab, penelitian untuk efek pengkonsumsi kopi lebih besar belum dilakukan.

]]>
Ilmuwan Temukan Cara Isi Baterai Smartphone dengan Panas Kopi http://kopigayo.net/2015/12/14/ilmuwan-temukan-cara-isi-baterai-smartphone-dengan-panas-kopi/ Mon, 14 Dec 2015 03:13:46 +0000 http://kopigayo.net/?p=1073 isi baterai hp dgn panas kopi_heat_harvest (1)

Ada begitu banyak manfaat kopi. Selain kesehatan, manfaat kopi juga dapat diaplikasikan untuk mendukung kecanggihan teknologi.

Belum lama ini dua ilmuwan dan desainer menemukan cara baru mengisi baterai smartphone dengan menggunakan panas dari dari cairan kopi. Kedua ilmuwan itu ialah Sergey Komardekov dan Vihanga Gore, berasal dari Denmark. Keduanya menemukan bahwaenergi panas ​air ​mendidih bisa bermanfaat untuk hal lain. Diantaranya adalah mengisi daya baterai telepon genggam.

isi baterai hp dgn panas kopi_heat_harvest (2)

Proyek penemuan itu mereka sebut dengan Heat Harvest yang mereka kerjakan dengan membuat sebuah panel berbentuk meja makan. Panel solar bersifat menyimpan panas dari energi yang berada di dekat penampang meja, yang disebut thermoelektrik. Di dalam panel solar ini terdapat sensor sensitif yang bisa menangkap panas dalam ukuran dan bentuk apapun.

Panas tersebut bisa dari wajan panas, hotplate, ketel air, hingga gelas panas. Kemudian​ telepon genggam ditaruh ​di atas meja tersebut. ​T​elepon genggam akan otomatis terisi daya baterainya. Selain bisa menghemat energi, aliran panas pun tak terbuang sia-sia.

Ilmuwan dan desainer dari Space10, IKEA, ini bekerjasama dengan Copenhagen School of Interactive Design dalam mewujudkan karya ini. Seperti dilansir Smithsonian (13/12), produk ini sudah selesai dan sebenarnya bisa dipakai langsung oleh masyarakat luas. Namun, Heat Harvest belum dijual secara umum dalam waktu dekat.

]]>